Operasi Batu Ginjal

Batu ginjal umumnya tidak menimbulkan gejala. Gejala baru ada jika batu tersangkut di saluran kemih ginjal atau kalau turun memasuki ureter atau jika menyumbat muara kandung kemih.

Beberapa dari mereka yang menderita batu ginjal dan ingin melakukan operasi pengangkatan batu ginjal, umumnya dokter akan memastikan adanya batu, dulu dilakukan rontgen polos perut. Tetapi, dengan cara ini tidak semua jenis batu terlihat. Sekarang dengan sudah adnaya alat canggih dengan menggunakan USG semua batu di saluran kemih dapat terlihat.

Gambar : Contoh gambaran operasi batu ginjal dengan gelombang kejut

Pemeriksaan lain seperti IVP (INtravenous Pylography), Retrograde pyelography, CT Scan perut, serta MRI ginjal dan perut dipertimbangkan untuk dilakukan jika dipandang perlu agar bisa membantu menentukan lokasi batu kemih.

Mungkin tidak selalu harus operasi. Batu diharapkan akan spontan terhanyut sendiri turun ke kandung kemih. Namun, jika batu ginjal tidak turun dan tidak pula menganggu dan dari pemantauan berulang ukuran batu tidak bertambah besar, batu biasanya dibiarkan. Terlebih pada pasien usia lanjut.

Ada beberapa cara mengangkat batu saluran kemih. Dulu hanya dengan membelek atau membuka sayatan kecil di dinding perut. Kini ada pilihan dengan tembakan gelombang kejut tanpa perlu membelek dinding perut. Caranya dengan menggunakan teknik ESWL.

Memang dnegan cara itu lebih praktis, namun angka keberhasilan belum sebaik operasi membuka perut. Ada juga teknik Percutaneous nephrolithotomy. hanya dnegan membuka sedikit dinding pinggang lalu dengan bantuan alat, batu diambil lalu dikeluarkan.

Untuk batu ginjal biasnaya dipakai teknik ureteroscopy. Alatnya dimasukkan langsung ke pipa ureter untuk menarik batunya. Baru jika dengan teknik-teknik di atas batu tidak berhasil dikeluarkan, dilakukan operasi membedah perut seperti biasa dilakukan pada operasi umumnya.


=====================================

>>> Obat Batu Ginjal Herbal Untuk Membantu Meluruhkan Batu Oksalat Di Ginjal dan Saluran Kemih, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in batu ginjal and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *