Pasca Operasi Batu Ginjal

Pasca Operasi Batu Ginjal – Batu Ginjal deposit mineral yang berlebihan dan ukuran batu ginjal bervariasi dari yang sekecil kristal dan sebesar bola pingpong. Kebanyakan dari batu yang keluar bersamaan dengan urin yang menimbulkan keluhan. Batu ginjal yang berukuran sebesar 2-3 mm maka barulah menimbulkan keluhan yang luar biasa karena adanya penyumbatan batu saluran kemih. Sekitar 90% dari batu ginjal yang berukuran 4 mm dapat keluar dengan sendirinya melalui urin ada juga yang berukuran 6 mm yang memerlukan investasi. Beberapa kasus batu yang berukuran kecil tidak menimbulkan gejala akan dapat diobservasi selama 30 hari untuk dipastikan dapat keluar dengan sendirinya sebelum dilakukan operasi pembedahan pada ginjal. Bantuan lebih sering terjadi pada pria pada berusia 20-30 tahun penyebabnya ginjal berbagai faktor termasuk pola makan atau kurangnya asupan cairan dan faktor genetika.

pacsa operasi batu ginjal

pacsa operasi batu ginjal

Jika penderita gagal ginjal  udah termasuk lebih parah biasanya dokter menyerankan untuk menjalani  proses hemodialysis (cuci darah) yang dilakukan secara rutin atau menjalani transplantasi ginjal atau pencangkokan ginjal. Saat kita menjalani transplantasi ginjal tidak juga untuk melakukan operasi pengangkatan ginjal dengan menggantikan ginjal yang baru.

Ada cara pemulihan  pasca operasi batu ginjal yang sangat penting kita ketahui atau yang pernah menjalani operasi ginjal. Pada saat pemulihan pasca operasi batu ginjal yang tepat akan mempercepat pasien mendapatkan kondisi yang terbaik secara yang sempurna dan akan sangat berbeda ketika seseorang tidak mengatahui cara pada saat pemulihan pasca operasi batu ginjal, maka akan terjadinya pemulihan kesehatan berjalan lambat.

Tanda-tanda dan gejala penyakit batu ginjal :

  • Tidak nafsu makan
  • Pembengkakan cairan dibagian kulit dan dibagian betis, kulit kaki dan area yanag tidak biasanya.
  • Warna air kencing orang normal kuning jernih, sedangkan warna pada pengidap batu ginjal gelap, coklat, merah hati, dan kadang berwarna merah muda.
  • Sakit yang terus menerus pada bagiang bawah punggung, kadang-kadang dirasakan dibagian selangkangan, pada laki-laki mungkin merasakan sakit di testis dan skrotum.
  • Rasa yang amat sakit pada bagian perut.
  • Merasakan sakit pada saat buang air kecil.
  • Warna urine yang terlihat keruh dan menimbulkan bau yang amat buruk.
  • Rasa sakit bagian belakang atau sisi perut kadang-kadang pada pangkal paha dan bisa berlangsung selama beberapa menit atau hitungan jam.
  • Anyang-anyangan atau lebih sering buang air kecil. Ketika batu ini mendorong untuk buang air kecil dengan frekuensi yang lebih sering. Menyebabkan kerusakan atau iritasi pada lapisa ureter atau kandung kemih, dan menyebabkan darah bercampur dengan urine.
  • Mual dan muntah ini terjadi ketika bagtu ginjal bergerak ke ureter dan menghalangi aliran urine yang menyebabkan rasa sakit begitu hebatnya. Rasa sakit ini memicu rasa mual dan muntah pada penderita batu ginjal.

Operasi Batu Ginjal

Hampir 95% kasus pada penyakit batu ginjal tidak menjalani operasi pada pengakatan batu ginjal yang suda kronis, yang akan hilang dengan sendirinya dengan pengobatan yang tepat bisa cara pembuatan herbal atau mengkonsumsi obat-obatan yang khusus diberikan oleh dokter. Ukuran kurang dari 5 mm biasanya batu ginjal bisa disembuhkan tanpa harus dioperasi. Namun jika ukuran batu ginjal melebihi 10 mm operasi untuk penghancuran batu ginjal perlu dilakukan untuk mengeluarkan batu tersebut. Batu yang dapat tumbuh berukuran boal pingpong, batu ini yang akan tinggal didalam ginjal lama kelamaan akan menyebabkan kerusakan pada ginjal bahkan akan menyebabkan gagal ginjal.

Pengangkatan batu ginjal dengan menggunakan sebuah alat  disebut Ureteroskop yang dimasukkan ke ureter melalui uretra dan kandung kemih. Uretra adalah saluran yang terakhir untuk keluarnya urin dari kandungan kemih ke luar tubuh. Alat yang menyerupai selang kecil dan dilengkapi kamera ini dapat melihat letak batu ginjal. Setelah telaknya diketahui maka akan dihancurkan.

Setelah anda melakukan pasca operasi batu ginjal, ada makanan yang dilarang agar dikemudian hari penyakit ini timbul kembali :

  1. Mengkonsumsi Tomat

Pasca operasi batu ginjal bisa kita menghindari pantangan memakan tomat yang mengandung asam oksalat sehingga bisa menyebabkan tingginya kadar kalsium dlam tubuh. Makanan yang mendung banyak kalsium ini tidak dipakai oleh tubuh kita yang sangat renta dalam pembentukan batu ginjal. Sebaiknya menghindari penggunaan makanan yang mendung tomat agar kita tercegah dari penyakit batu ginjal.

  1. Mengkonsumsi Berdaun Gelap

Mungkin sayur bayam, kacang panjang dan jenis sayuran yang berwarna hijau dan bagi kita ini sangat menyehatkan namun bagi penderita batu ginjal ini sangat berbahaya karena banyak mengandung asam oksalat yang terlalu tinggi bisa menyebabkan penumpukan jumlah kalsium dalam tubuh sehingga sangat berbahaya bagi penderita batu ginjal.

  1. Mengkonsumsi Minuman Berkanbon dan Manis

Minuman yang mengandung pemanis, gula, dan bersoda harusnya dihindari oleh para penderita batu ginjal. Minuman yang manis pantangan  batu ginjal karena dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh. Minuman bersoda mengandung kadar kalsium, asam oksalat, kreatinin dan natrium yang tinggi. Zat-zat ini yang berbahaya dan dapat meningkatkan resiko penyakit batu ginjal.

  1. Membatasi makanan yang mengandung vitamin C

Vitamin C memang bagus dan sangat dibutuhkan oleh tubuh, namun tidak berlaku pada penderita batu ginjal. Penderita sebaiknya membatasi asupan vitamin dari hasil metabolisme vitamin C dapat membentuk oksalat.

Banyak makanan yang mengandung oksalat, yang sangat membahayakan bagi penderita batu ginjal. Sebaiknya kita melakukan pencegahan sendiri sebelum penyakit ini timbul lagi, atau yang setelah melakukan  pasca operasi batu ginjal.

Pasca Operasi Batu Ginja


=====================================

>>> Obat Batu Ginjal Herbal Untuk Membantu Meluruhkan Batu Oksalat Di Ginjal dan Saluran Kemih, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in operasi batu ginjal. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *